Kamis, 01 November 2012
TAMBAHAN MODEL BARU MENGAJAR
20.41
LAPORAN GURU
1. KARTU ARISAN
Media : Buat kartu (10x10 cm) sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan
kartu/kertas ukuran 5x5 cm untuk menulis soal
Gelas
Langkah – langkah :
1. Bentuk kelompok 4 orang secara heterogen
2. Kertas jawaban bagikan pada siswa masing –
masing 1 lembar / kartu soal digulung dan dimasukkan dalam gelas
3. Gelas yang sudah berisi soal dikocok,
kemudian salah satu yang jatuh, dibacakan agar dijawab oleh siswa yang memegang
kartu jawaban
4. Apabila jawaban benar maka siswa
dipersilahkan tepuk tangan
5. Setiap jawaban yang benar siswa diberi
point 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan
penjumlahan point dari para anggotanya
6. Dan seterusnya
2.
EXAMPLE NON EXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang
relevan dengan KD/K
Langkah - langkah :
1. Guru mempersiapkan gambar- gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran
2. Guru menempelkan gambar di papan atau
ditayangkan lewat OHP
3. Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4. Memalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5. Tiap kelompok diberi kesempatan membaca
hasil diskusinya.
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa,
guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan
yang ingin dicapai
7. Kesimpulan
3. PICTURE AND PICTURE
Langkah - langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
2. Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan materi
4. Guru menunjuk/memanggil siswa secar
bergantian
5. Memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi
urutan yang logis
6. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gamabar tersebut
7. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
8. Kesimpulan
4. COOPERATIVE SCRIPT
Skrip kooperatif, metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan
bergantian secara lisan mengihtisarkan, bagian-bagian dari materi yang
dipelajari.
Langkah – langkah :
1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa
untuk dibaca dan membuat ringkasan
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang
pertma berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara membacakan ringkasannya
selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara
pendengar :
a. Menyimak/mengkoreksi/menunjukkan ide-ide
pokok yang kurang lengkap
b. Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok
dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5. Bertukar peran,semula sebagai pembicara
ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas
6. Kesimpulan
5.
KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (Modifikasi
Numbered Head Together)
Langkah – langkah :
1.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap
kelompok mendapat nomor.
2. Penugasan diberikan kepada setiap siswa
berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai
3. Misalnya : Siswa nomor satu bertugas
mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan
hasil pekerjaan dan seterusnya.
4. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerjasama
antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama
beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa
dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokan hasil kerjasama
mereka.
5. Laporan hasil kelompok dan tanggapan dari
kelompok yang lain.
6. Kesimpulan
6. ARTIKULASI
Langkah – langkah :
1. Menympikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
2. Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
3. Untuk mengetahui daya serap siswa,
bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
4. Suruhlah seseorang dari pasangan itu
menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar
sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lain.
5. Suruh siswa secara bergantian/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa
sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
6. Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi
yang sekirannya belum dipahami siswa.
7. Kesimpulan
7. MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan
alternatif jawaban
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
2. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang
akan ditanggapi oleh siswa/sebaliknya permasalhan yang mempunyai alternatif
jawaban
3. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3
orang
4. Tiap kelompok menginventaris/mencatat
alternatif jawaban hasil diskusi
5. Tiap kelompok (atau diacak kelompok
tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
6. Dari data-data di papan siswa diminta
membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai kensep yang diberikan
guru.
8.
MAKE A MATCH (Mencari pasangan)
Langkah – langkah :
1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi
beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian
kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal kartu
yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan
kartunya
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan
kartunya sebelum batas waktu diberi point
6. Setelah satu babak kartu dikocoklagi agar
tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan
9. DEBATE
Langkah – langkah :
1. Guru membagi dua kelompok peserta debat
yang satu pro dan satu lainya kontra
2. Guru memberikan tugas untuk membacakan
materiyang kan didebatkan oleh kelompok diatas
3. Setelah selesai membaca materi. Guru
menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi
atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar
siswa bisa mengemukakan jawabannya
4. Sementara siswa menyampaikan gagasanya
guru menulis ide-ide dari setiap pembicaraan dipapan tulis. Sampai sejumlah ide
yang diharapkan guru terpenuhi
5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum
terungkap
6. Dari data-data dipapan tersebut, guru
mengajak siswa membuat kesimpulan /rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin
dicapai.
10. ROLE
PLAYING
Langkah – langkah :
1. Guru menyusun sekenario yang ditampilkan
2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari
sekenario dua hari sebelum KBM
3. Guru menunjuk kelompok siswa yang
anggotanya 5 orang
4. Memberikan penjelasan tentang kompetensi
yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5. Memanggil siswa yang sudah ditunjuk untuk
melakonkan sekenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing – masing siswa duduk dikelompoknya,
masing-masing sambil memperhatikan mengamati sekenario yang sedang diperagakan
7. Setelah selesai dipentaskan, masing –
masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk dibahas
8. Masing – masing kelompok menyampaikan
hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan kesimpulan secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup
11. TALKING STIK
Langkah – langkah :
1. Guru menyiapkan sebuah tongkat
2. Guru menyiapkan materi pokok yang akan
dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan
mempelajari materi pada pegangganya/paketnya
3. Setelah selesai membaca buku dan
mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4. Guru mengambil tongkat dan memberikan
kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang
tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar
siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5. Guru memberikan kesimpulan
6. Evaluasi
7. Penutup
12. BERTUKAR
PASANGAN
Langkah – langkah :
1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru
biasa menunjukkan pasangan atau siswa menunjukkannya)
2. Guru memberikan tugas dan siswa
mengerjakan tugas dengan pasangannya
3. Setelah selesai pasangan bergabung dengan
satu pasangan yang lain
4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan
masing – masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengkukuhkan
jawaban mereka
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran
pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
13. SNOWBALL
THROWLING
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan materi yang akan
disajikan
2. Guru membentuk kelompok – kelompok dan
memanggil masing – masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang
materi
3. Masing – masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing
– masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada
temannya
4. Kemudian masing – masing siswa diberi satu
lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi
yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti
bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama lebih kurang 5
menit
6. Setelah siswa dapat satu bola/satu
pertanyaan diberikan kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis
dalam kertas yang berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Guru memberikan kesimpulan
8. Evaluasi
9. Penutup
14. STUDENT
FACILITATOR AND EXPALINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk
menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang
lainnya
4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang
disajikan saat itu
6. Penutup
15.
COURSE REVIEW HORAY
Langkah – langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi sesuai TPK
3.
Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
4.
Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai kebutuhan
dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing – masing siswa
5.
Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban
didalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau
benar diisi tanda benar (v) dan kalu salah diisi tanda (x)
6.
Siswa yang sudah mendapat tanda (v) vertical atau
horizontal, atau diagonal harus segera berteriak horay....atau yel – yel
lainnya.
7.
Nilai siswa dihitung dari jawaban benar dan horay yang
diperoleh
8.
Penutup
16.
EXPLICIT INSTRUCTION (Pengajaran Langsung)
Pembelajaran secara langsung khusus
dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan
pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi
selangkah
Langkah – langkah :
1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan
siswa
2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan
balik
5. Membrikan latihan untuk latihan lanjutan
17.
COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION
(CICRC) (Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis)
Langkah – langkah :
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang
yang secara heterogen
2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai
dengan topik pembelajran
3. Siswa bekerjasama saling membacakan dan
menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis
pada lembar kertas
4. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5. Guru membuat kesimpulan bersama
6. Penutup
18. INSIDE
OUTSIDE CIRCLE (Lingkaran Kecil Lingkaran Besar)
Langkah – langlah :
1. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran
kecil dan menghadap keluar
2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran
di luar lingkaran pertama, menghadap kedalam
3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran
kecil dan besar berbagi informasi. Petukaran informasi ini bisa dilakukan oleh
semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4. Kemudian siswa berada di lingkaran kecil
diam ditemapat, sementara siswa yang berada dilingkaran besar bergeser satu
atau dua langkah searah jarum jam. Sehingga masing – masing siswa mendapat
pasangan baru
5. Sekarang giliran siswa di lingkaran besar
yang membagikan informasi. Demikian seterusnya
19. TEBAK
KATA
Media : Buat kartu ukuran 10x10 cm dan isilah ciri – ciri atau kata-kata
lainya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak
Buat kartu ukuran 5x2 cm untuk menuliskan kata/istilah yang mau
ditebak(kartu ini dilipat dan ditempelkan pada dahi/diselipkan ditelinga)
Langkah – langkah :
1. Jelaskan materi lebih kurang 45 menit
2. Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan
berpasangan
3. Seorang siswa diberi kartu yang berukuran
10x10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa lainya diberi
kartu 5x2 yang isinya tidak boleh dibaca(dilipat) kemudian ditempelkan didahi
atau diselipkan ditelinga
4. Sementara siswa yang membawa kartu ukuran
10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalmnya sementara pasanganya
menebak apa yang dimaksud pada kartu 10x10cm. Jawaban yang tepat bila sesuai
dengan isi kartu yang ditempel didahi
5. Apabila jawabannya tepat (sesuai yang
tertulis dikartu) maka padangan itu boleh duduk. Apabila belum tepat pada waktu
yang telah ditetapkan boleh mengarah dengan kata – kata lain asal jangan
langsung memberi jawaban
6. Dan seterusnya
7. Contoh kartu :
8. Perusahaan ini tanggung jawabnya tidak
terbatas
9. Dimiliki oleh satu orang
10. Struktur organisasinya tidak resmi
11. Bila untung dimiliki/diambil sendiri
Contoh :
Nah, siapakah aku ?
Jawaban : PERUSAHAAN PERSEORANGAN
20. WORD
SQURE
Media : Membuat kotak sesuai keperluan
Buat soal sesuai dengan materi
Langkah – langkah :
1. Sampaikan materi sesuai kompetensi
2. Bagikan lembar jawaban sesuai contoh
3. Siswa disuruh menjawab soal kemudian
mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak
Contoh :
1. Sebelum mengenal uang orang melakukan
pertukaran dengan cara...................
2. .................digunakan sebagai alat
pembayaran yang sah
3. Uang ...........saat ini banyak dipalsukan
4. Nilai bahan pembuatan uang
disebut......................
5. Kemampuan uang untuk ditukar dengan
sejumlah barang/jasa disebut nilai..........................
6. Nilai perbandingan uang dalam negeri
dengan uang asing disebut.....................
7. Nilai yang tertulis pada uang disebut
nilai.........................
8. Dorongan seseorang untuk menyimpan uang
untuk keperluan jual beli disebut motif..........
9. Perintah seseorang yang mempunyai rekening
ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut....................
21. SCRAMBLE
Media : Membuat pertanyaan yang sesuai dengan materi
Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah – langkah :
1. Guru menyajikan materi sesuai TPK
2. Membagikan lembar kerja sesuai contoh
Contoh :
Susunlah huruf – huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci(Jawaban)
dari pernyataan kolom A
NO
|
A
|
B
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara.........
Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.........
Uang........saat ini banyak dipalsukan
Nilai bahan pembuat uang disebut nilai..........
Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang/jasa disebut
nilai.......
Nilai perbandingan nilai uang dalam negeri dengan mata uang asing
disebut.......
Nilai yang tertulis pada uang uang disebut..........
Dorongan seseorang untuk menyimpan uang untuk keperluan jual/beli disebut
motif.................
Perintah tetulis dari seseorang yang mempunyai rekening di bank untuk
membayar sejumlah uang disebut.................
|
TARREB/............
GANU/...............
TRASEK/..............
KISTRIANI/..........
LIRI/..................
SRUK/.................
MINALON/...............
SAKSITRAN/............
KEC/.................
|
22. TAKE
AND GIVE
Media : Kartu ukuran 10x15 cm sejumlah peserta, tiap kartu berisi sub
materi (yang berbeda dengan kartu lainnya, materi sesuai TPK)
Kartu kontrol sejumlah siswa, contoh : Nama siswa sub materi, Nama yang
diberi, dst
Langkah – langkah :
1. Siapkan kelas sebagaimana mestinya
2. Jelaskan materi sesuai TPK
3. Untuk memantapkan penguasaan peserta. Tiap
siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari(dihapal) lebih kurang 15
menit
4. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari
pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing – masing.
Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu kontrol
5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta
mampu memberi dan menerima materi masing – masing
6. Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan
siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
7. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai
keadaan
8. Kesimpulan
23. CONCEPT
SENTENCE
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan tujuan
2. Guru menyajikan materi secukupnya
3. Guru membentuk kelompok yag anggotanya 4
orang secara heterogen
4. Menyajikan kata ”KUNCI” sesuai materi TPK
yang disajikan
5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa
kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat
6. Hasil diskusi kelompok, disiskusikan lagi
secara pleno yang dipandu guru
7. Kesimpulan